Beranda Pemerintahan Dinas DPMD Bekasi Tengahi Kisruh LPJ Pilkades Tanjung

Dinas DPMD Bekasi Tengahi Kisruh LPJ Pilkades Tanjung

BIN | Kabupaten Bekasi- Menyikapi terkait telatnya laporan LPJ Pilkades Desa Tanjung Baru, Kecamatan Cikarang Timur pada 4 April 2021 lalu.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas DPMD Kabupaten Bekasi, Maman Firmansyah mengatakan LPJ Pilkades itu mesti segera diselesaikan sebelum di audit BPK atau inspektorat Kabupaten Bekasi.

“Ya, mereka (Panitia Pilkades-red) harus mempertanggung jawabkan sesuai dengan anggaran yang sudah dikeluarkan,” ucapnya, (12/1).

Maman mengaku pihaknya sudah melakukan teguran melalui surat resmi bahkan sampai tiga kali terakhir dibulan November 2021.

“Kami targetkan akhir bulan ini harus selesai LPJ, kalau belum ada laporan juga kami akan laporkan hal ini ke inspektorat untuk diaudit,” terangnya.

Kata dia, diperkirakan kurang lebih anggaran Pilkades Desa Tanjung Baru senilai Rp 770 Juta.

Sementara Ketua BPD Desa Tanjung Baru, Arsyad menyebutkan secara prinsip mestinya ketua panitia Pilkades segera menyelesaikan SPJ.

Adapun hal yang menyangkut kesulitan pembuatannya pikahnya serta pemerintahan desa bisa membantu.

“Kalau memang seandainya tidak dibuat itu bukan wewenang dari pemerintahan, tapi menurut informasi katanya bulan ini diselesaikan,” ujar Arsyad.

Ditanya mengenai kesulitan pembuatan SPJ Pilkades tersebut, dia mengatakan tidak tahu kendalanya apa?. Karena BPD sudah mengingatkan baik secara lisan maupun surat ke pihak panitia.

“Kami serahkan kepada dinas terkait yang membidangi terkait penggunaan anggaran, kalau kami BPD hanya memonitor dan mengawasi saja,” tandasnya (Bis).