Beranda Pendidikan Dengan Segala Keterbatasan, Satgas TMMD Gantikan Peran Guru di Desa Kamalu

Dengan Segala Keterbatasan, Satgas TMMD Gantikan Peran Guru di Desa Kamalu

Beksiindonesianews | Pendam XIII/Merdeka, meskipun dengan segala keterbatasan fasilitas tidak menyurutkan niat anggota Satgas TMMD ke-110 Kodim 1305/BT untuk mencerdaskan generasi milenial yang berada di Desa Kamalu, Kecamatan Ogodeide, Kabupaten Toli-Toli, Senin (29/3/2021)

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M. Jaelani dalam keterangannya mengatakan bahwa disela-sela waktu istirahat, para anggota satgas meluangkan waktu untuk mengajarkan para Siswa-Siswi yang ada di Desa Kamalu. Meskipun di tengah keterbatasan, para anggota satgas memanfaatkan bangunan bekas Pos Kamling di Desa Kamalu untuk dijadikan tempat belajar para siswa.

“Dengan memanfaatkan bekas Pos Kamling mereka mengajarkan anak-anak tentang pelajaran sekolah.” Ujar Kolonel Jaelani

Kapendam melanjutkan bahwa ide tersebut tercetus karena para anggota satgas melihat sistem belajar mengajar di Desa Kamalu belum memadai, hal itu dikarenakan beberapa siswa belum memiliki Smartphone android serta mahalnya kuota internet yang menjadi beban para siswa untuk melaksanakan belajar mengajar secara daring.

“Hal itu mereka lakukan karena mereka prihatin akan sistem belajar mengajar online yang tidak memadai di desa tersebut karena keterbatasan smartphone android.” Ucap Kolonel Jaelani

Sedangkan menurut Siti salah satu siswa yang diajarkan oleh anggota satgas menuturkan bahwa anggota satgas yang mengajarkan ia belajar sangatlah ramah dan humoris serta dapat menjelaskan segala pertanyaan yang ia tanyakan disaat ia tidak mengerti dengan mata pelajaran yang diajarkan.

“Om tentara lucu, kalau kase belajar selalu tertawa. Dengan satu yang penting, om tentara pintar boleh mo jelaskan apa yang torang belum tau.” tutur Siti dengan menggunakan bahasa lokal sehari-hari

Para siswa berharap, semoga masa pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga proses belajar mengajar mereka tidak lagi sistem online melainkan dapat dilaksankan di sekolah seperti biasa.(Al)