Beranda Pemerintahan Desa Waringin Jaya Ikut Lomba Kampung Tangguh Mang Jaka

Desa Waringin Jaya Ikut Lomba Kampung Tangguh Mang Jaka

Beksiindonesianews.com | Kabupaten Bekasi– Desa Waringin Jaya, Kecamatan Kedungwaringin ikuti lomba program Kampung Tangguh Jaya dan Masyarakat Nyang Jaga Kampung (Mang Jaka) di Perumahan Taman Permata Indah (TPI) wilayah setempat.

Program yang diperkenalkan oleh Kapolda Metro Jaya dan Bupati Bekasi itu diimplementasikan menjadi ‘Kampung Tangguh Mang Jaka’.

Program yang mengutamakan penerapan 3T dan 5M yang ketat itu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan sistem berdasarkan pemecahan masalah yang dipandang sangat efektif dalam memutus mata rantai Covid 19.

“Dalam lomba ini menjadi sasaran pokok yaitu kesehatan, keamanan dan kesejahteraan atau ketahanan pangan. Diharapkan gerakan masal ini dapat diterima baik oleh masyarakat dalam penanganan Covid 19,” ucap salah satu Tim Penilai Kabupaten Bekasi, R. Yana Suyatna.

Maka Pemerintah Kabupaten Bekasi dan pihak Kepolisian mengadakan lomba Kampung Tangguh Mang Jaka disetiap desa. Hal itu diketahui saat Kapolres Metro Bekasi menjadi narasumber dalam rangka persiapan penilaian Kampung Tangguh Jaya dan Mang Jaka, minggu lalu di Hotel Sakura Cikarang Pusat.

“Kegiatan ini sebagai bentuk Apresiasi kepada masyarakat yang telah bekerja keras membantu Polri dan Forkopimda dalam membangun kesadaran masyarakat untuk menjadi contoh basis Komunitas masyarakat yang lainnya,” ucapnya.

Menurut Yana, masyarakat adalah peran utama dalam memutus mata rantai covid 19 sehingga kita bisa menilai, apa dari protokol kesehatan atau dari kesadaran masyarakat?.

“Kampung Tangguh Mang Jaka di masing-masing desa adalah upaya untuk menjaga stabilitas kehidupan warga di desa tersebut. Selain tugas utamanya memutus mata rantai virus corona, kampung tangguh juga berperan untuk mengantisipasi dampak sosial akibat pandemik Covid-19,” tandasnya (bis)