Beranda Keamanan Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada 2020 Kab.Pohuwato

Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkada 2020 Kab.Pohuwato

Beksiindonesianews | Bertempat di lapangan Mapolres Pohuwato jln trans Sulawesi Desa Teratai, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato dilaksanakan Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilkada Kabupaten Pohuwato Tahun 2020. Senin (07/12/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Pohuwato Hi. Syarif Mbuinga S.Pd., M.M., Kapolres Pohuwato AKBP Teddy Rayendra S.I.K., M.IK., Dandim 1313/Phw Letkol Czi Purbo Awin Niarto, S.Si., M.M., Kepala Kejaksaan Negeri Pohuwato Mas’ud S.H., M.H.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan baik personel dan prasarana dalam menghadapi tahapan inti dari pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di seluruh Indonesia.

Pilkada tahun 2020 ini memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas dalam kacamata kamtibmas.

Selanjutnya Kapolres Pohuwato AKBP Teddy Rayendra S.I.K., M.IK, selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan kita juga patut bersyukur Alhamdulillah selama masa kampanye tidak ada hal-hal yang sangat mengganggu jika ada pelanggaran pelanggaran itupun sifatnya masih bisa ditangani oleh Bawaslu

Berkaitan dengan masalah kesehatan pada saat kampanye kemarin terjadi beberapa tempat yang memang menyebabkan perkumpulan masyarakat dan itu pun sudah kita tindak lanjuti semuanya.

Dari sekian ratus STTP kampanye hanya 12 yang terjadi pelanggaran kesehatan dan itupun sudah bisa diingatkan dan para paslon bisa untuk mengikuti kegiatan, terangnya.

Tinggal menghitung hari tepat tanggal 9 Desember 2020 dan tahapan inti yaitu pemungutan serta penghitungan suara.

Untuk diketahui dan antisipasi potensi kerawanan timbul pada saat menjelang hari H dan penghitungan suara adalah sabotase, teror, pengrusakan TPS dan kotak suara serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Disamping itu perlu kita antisipasi juga intimidasi kepada panitia dan petugas TPS maupun terhadap para pemilih yang hendak menuju ke TPS, berkaitan dengan penerapan perilaku kesehatan serta kemungkinan adanya money politik.

Kerawanan-kerawanan yang mungkin timbul saat perhitungan suara serta perpindahan kotak, kertas suara dari TPS ke PPK dengan kepekaan dan kesiapsiagaan dari seluruh personil baik TNI, Polri, Satpol PP dan seluruh kekuatan yang lain sehingga semua ancaman-ancaman dapat diantisipasi pada pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar.

Jaga netralitas TNI-Polri dalam pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 dari segala penyimpangan dan pelanggaran dalam bertugas.

Kekompakan personil TNI maupun seluruh pelaksana pengamanan di lapangan guna meningkatkan sensitivitas lintas instansi dalam mengembangkan dan mengawal jalannya pesta demokrasi, tutup Kapolres Pohuwato.(AL)