Beranda Beksi NEWS Komisi I DPR RI Kunjungi Korem 071/Wijayakusuma

Komisi I DPR RI Kunjungi Korem 071/Wijayakusuma

Beksiindonesianews | Banyumas – Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Korem 071/Wijayakusuma, rombongan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto beserta anggota komisi I, H. Bambang Kristiono,S.E., bersama 14 anggota.

Tim komisi yang diterima langsung oleh Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P., beserta para perwira Staf di Makorem 071/Wijayakusuma Sokaraja, Banyumas. Selasa (1/12/2020).

Danrem 071/Wijayakusuma mengawali sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Komisi I DPR RI bersama rombongan di Makorem 071/Wijayakusuma.

“Selaku pribadi maupun atas nama Komandan Korem 071/Wijayakusuma, menyampaikan ucapan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Komisi I DPR RI, atas kedatangannya di Korem 071/Wijayakusuma,” kata Danrem.

Dikatakan Danrem, Korem 071/Wijayakusuma dan jajarannya sebagai aparat komando kewilayahan dibawah komando Kodam IV/Diponegoro yang meliputi 9 Kodim (9 Kabupaten dan 2 Kota Madya) di wilayah pantai utara Eks Karesidenan Pekalongan meliputi Kodim 0710/Pekalongan, Kodim 0711/Pemalang, Kodim 0712/Tegal, Kodim 0713/Brebes dan Kodim 0736/Batang, serta di wilayah selatan Eks Karesidenan Banyumas meliputi Kodim 0701/Banyumas, 0702/Purbalingga, Kodim 0703/Cilacap dan Kodim 0704/Banjarnegara dengan lingkup wilayah yang sangat luas yaitu 1/3 luas wilayah Jawa Tengah secara geografis, demografis dan konsos yang heterogen masyarakatnya.

Diterangkan Danrem, dalam menjalankan tugasnya, Korem 071/Wijayakusuma beserta jajaran, memiliki beberapa persoalan atau kendalanya meliputi jumlah kekuatan personel, kesiapan alutsista, dan persoalan perumahan atau pangkalan.

Maka berbagai kelengkapan dan kesiapan yang ada pada Korem 071/Wijayakusuma masih perlu mendapat perhatian.

Demikian juga jumlah personel yang dibutuhkan masih belum tercukupi. Terkait Alutsista, jumlah dan kondisi senjata, amunisi, kendaraan bermotor, alat optik, alat komunikasi belum sesuai dengan TOP/DSPP. Kondisi sarana prasana pangkalan atau perumahan prajurit masih kurang.

“Pada aspek peran Korem 071/Wijayakusuma dalam mendukung program pembangunan di wilayah dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI AD.

Terkait hal ini, peran yang dijalankan adalah bagian dari tugas-tugas TNI dalam konteks Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Peran-peran yang dilakukan dalam mendukung program pembangunan, seperti program bakti sosial, karya bakti dan komunikasi sosial serta wawasan kebangsaan dan bela negara bagi generasi muda bangsa,” papar Danrem.

Kolonel Inf Lagan berharap, melalui kunjungan kerja Komisi I DPR RI ini dapat memberikan inspirasi, motivasi dan solusi bagi jajaran Korem 071/Wijayakusuma khususnya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta memantapkan kesadaran, berbangsa dan bernegara, serta pemenuhan kebutuhan baik alutsistanya, pangkalan maupun personelnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto mengatakan, kunjungan Komisi I DPR RI ini, guna untuk mencari masukan berkaitan dengan kondisi dan situasi wilayah pertahanan keamanan di darat khususnya di wilayah Korem 071/Wijayakusuma beserta jajarannya sebagai bahan masukan ke pimpinan DPR RI.

Utut Adianto berharap ada kerja sama dan saling memberikan informasi terkait kondisi dan situasi terkini yang menyangkut pertahanan dan keamanan wilayah.

“Agenda kali ini dalam rangka Program Kerja Komisi I DPR RI guna menjaring informasi yang nyata dilapangan untuk dijadikan bahan pengajuan kepada pemerintah sesuai bidang kerja Komisi I Pertahanan dan Keamanan”, terangnya.(Dy)