Beranda Keamanan Danrem : Ciptakan Pembinaan Tata Ruang Wilauah Pertahanan Darat

Danrem : Ciptakan Pembinaan Tata Ruang Wilauah Pertahanan Darat

Beksiindonesianews | Gorontalo – Bertempat di aula Kusno Danupoyo Korem 133/Nani Wartabone, Staf Teritorial menggelar kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat Tahun 2020.

Dengan mengambil tema “Keterpaduan dan Keserasian Pembangunan Wilayah Pertahanan Yang Diselaraskan Dengan RTRW Pemda Dapat Menjamin Terwujudnya Wilayah Pertahanan Yang Tangguh.

Kegiatan ini menghadirkan para Danramil, para Pasi Ter Kodim serta Babinsa se jajaran Korem Gorontalo, pada Senin (27/07/2020).

Danrem 133/NWB Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito MA yang membuka secara langsung kegiatan tersebut dalam sambutan tertulis mengatakan selamat datang di Makorem 133/Nani Wartabone kepada Kabid Tata Ruang Provinsi Gorontalo, Bapak Sultan Kalupe, S.T.,M.T. selaku Pemateri.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menciptakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat yang serasi, selaras dan terpadu dengan tata ruang wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Yang melandasi perlunya dilaksanakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat adalah peraturan pemerintah nomor 68 tahun 2014 tentang penataan wilayah pertahanan negara dan keputusan kasad tentang petunjuk teknis rencana tata ruang wilayah pertahanan darat nomor Kep/507/VII/2015 tanggal 31 juli 2015.

Mengingat tata ruang wilayah sangat penting untuk pertahanan mulai dari tingkat Koramil, Kodim, maupun Korem, maka kepada masing-masing satuan jajaran Korem 133/NW agar selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah di wilayah masing-masing sehingga penyusunan rencana tata ruang Wilayah Pertahanan Darat dapat dilaksanakan secara valid.

Selanjutnya sinkronisasikan antar sektor yang memegang kebijakan pengaturan pemanfaatan ruang menjadi suatu keharusan melalui pembahasan oleh pemangku kepentingan yaitu Pemerintah, Swasta dan Masyarakat.

Melalui sinkronisasi antara rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) dan rencana tata ruang wilayah pertahanan pada tingkat Kodim dan Korem, maka akan menghasilkan tata ruang wilayah yang baik.

Sehingga dapat dijadikan pedoman bagi RTRW pertahanan pada tingkat Kodam, dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di Darat, satuan Komando kewilayahan merealisasikan dengan kegiatan pembinaan teritorial sehingga kondisi Geografi, Demografi, Sosial dan SDA/buatan yang meliputi kondisi faktual serta permasalahannya dapat terdata dengan baik.

Sehingga terwujud kesamaan visi, persepsi dan sinergitas antara tata ruang wilayah pertahanan darat oleh satkowil untuk kepentingan pertahanan Negara serta wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Selesai kegiatan pembukaan oleh Danrem kembali dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Kabid Tata Ruang dan pertanahan Dinas PUPR Provinsi Gorontalo.

Membahas terkait Kawasan Pertahanan Keamanan Dalam Rencana Tata Ruang Provinsi Gorontalo, yang mencakup kondisi geografi dan wilayah administrasi provinsi Gorontalo.

Akhir dari kegiatan ini Kabid Tata Ruang menyampaikan dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat koordinasi guna menselaraskan akan Tata Ruang Provinsi yang akan melibatkan unsur TNI dan Polri.(Al)