Beranda Kesehatan Himbauan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tingkat Kecamatan Cibarusah

Himbauan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tingkat Kecamatan Cibarusah

Beksiindonesianews | Kabupaten Bekasi – gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 di Kecamatan Cibarusah Mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama Mencari Solusi Agar Pasien Tidak Menjadi bertambah,5/4/20.

Bukan cuma ‘stay at home’, gugus tugas mengkampanyekan ‘stay to wear mask’… Pasien Infeksius Corona “Tertahan Masker”,
pakai ‘Masker sederhana’ yang dapat dicuci mandiri dan dipakai ulang (reusable).

Dipakai dengan benar secara konsisten dan kompak oleh seluruh masyarakat Kecamatan Cibarusah mulai dari keluar rumah sampai masuk rumah lagi.

Keberhasilan ‘masker untuk semua’, demi mencegah yang pakai masker menghisap droplet infeksius.

Tetapi juga membuat orang yang infeksius baik simtomatik maupun asimtomatik dropletnya tertahan di balik masker,Jadi pencegahan tak jatuh korban

Sehingga droplet infeksius tidak bertebaran di mana-mana. Pakaian, benda, dan lingkungan sekitar terhindar percikan droplet sehingga kemungkinan kontak transmisi lebih rendah.

Efek lanjutannya adalah masker yang digunakan oleh individu sehat menjadi semakin efektif akibat sisa droplet yang bertebaran sudah sangat minimal.

Kalau masker hanya dipakai pada yang simtomatik (batuk demam dll) maka akan banyak ‘kecolongan’ droplet dari yang asimtomatik.

‘Stay To Wear Mask’ atau ‘Masker Untuk Semua’ dapat menjadi solusi bersama tentunya dengan physical distancing serta pembatasan aktivitas atau kegiatan yang mengumpulkan massa tak berjarak.

Bilamana aktifitas perkantoran persekolahan perdagangan dan lain sebagainya tidak dapat di’pause’ terlalu lama Dapat dilakukan :

1. ‘Masker Untuk Semua’.
Pasien Infeksius Tertahan “dibalik masker” ini..

2. Penerapan pola ‘jarak-fisik’ di seluruh lini kehidupan dan aktivitas masyarakat.

3. Pengaturan ulang beban kerja dan beban pembelajaran serta pengaturan ulang jam kerja maupun jam sekolah, sehingga jumlah yang masuk dalam satuan waktu bisa perkurang separuhnya, sehingga physical distancing memungkinkan untuk dilakukan.

Serta kondisi fisik dapat lebih sehat dan bugar dan terjadi kelelahan bekerja atau belajar.

4. Sanitasi dan hand-hygiene yang baik.

5. Makan sehat dan bergizi, olah-raga ringan teratur dan konsisten, istirahat/ tidur yang cukup, bekerja/ belajar tidak berlebihan.

Lakukan budaya keluar rumah pakai masker, sebagaimana naik motor tidak pakai helm, atau naik mobil tidak pakai safety-belt,Jaga diri !!

UMKM dan upaya informal juga dapat mengambil alih produksi ‘masker sederhana’, yang dapat dicuci dan digunakan ulang secara mandiri untuk kemudian didistribusikan secara gratis atau harga murah kepada masyarakat.

Salam semangat sehat utk semua masyarakat Kecamatan Cibarusah dan Kabupaten Bekasi.(Red)

CONTACT PERSON :
Adi Pranaya
087804449096