Beranda Daerah BPD Karang Asih Ikuti Bimtek Tahunan

BPD Karang Asih Ikuti Bimtek Tahunan

Beksiindonesianews | Kabupaten Bekasi “Cikarang Utara– Sebanyak sembilan orang anggota BPD Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, ikuti kegiatan Bimtek tahunan. Acara yang berlangsung di daerah Purwakarta itu turut hadir tenaga ahli desa, (23/12) kemarin.

Pada kegiatan mengangkat tema ‘Peran Dan Tupoksi BPD Dalam Melaksanakan Kebijakan Desa’. Pendamping Desa Karang Asih sekaligus narasumber, Wawan menyampaikan BPD bisa bersinergitas dengan pemerintahan desa untuk membangun wilayahnya.

“Pemerintah desa dan BPD adalah satu ikatan yang tidak bisa dilepas. Artinya Pemdes itu BPD dan begitu pula sebalinya,” ucapnya.

Dia menerangkan, kunci sukses dan keberhasilan pada pemerintahan desa itu simpel yakni keduanya saling bersinergi dan bekerjasama. Ia meyakini hal itu akan mudah bahkan bisa dibuktikan.

“Tidak sedikit desa yang tidak harmonis dengan BPD sehingga timbul permasalahan yang seharusnya tidak terjadi hanya karena kurangnya komunikasi dan sinergitas antara keduanya,” terang dia.

Ia menjelaskan, kinerja BPD diatur berdasarkan Permendagri nomor 110 tahun 2016. BPD adalah lembaga yang menyetujui atau membuat aturan seperti Peraturan Desa (Perdes) dalam mendukung program kepala desa selama 6 tahun kedepan.

Sementara itu, Ketua BPD Karang Asih, Gilang Bayu Nugraha berharap melalui materi Bimtek yang diberikan Tenaga Ahli (TA) dan Pendamping Desa (PD) bisa menjadi pengetahuan dalam menjalani tupoksi BPD dalam membangun desa yang lebih maju dan baik lagi.

“Saya yakin teman-teman sudah memahami tupoksinya, hanya saja Bimtek kali ini para narasumber banyak memberikan informasi dan perkembangan seperti apa tentang desa maupun BPD,” ucapnya.

Gilang mengaku, mendapatkan informasi baru pada Tahun 2020 anggaran APBN langsung turun ke rekening desa. Maka dari itu, BPD harus lebih ekstra dan berperan aktif melakukan tupoksinya sebagai pengawas penggunaan dana desa.

“Alhamdulilah untuk karang asih saat ini komunikasi kami sangat baik dan bisa bersinergi dengan baik, itu bukan sekedar ucapan tapi dibuktikan oleh kades kami. Kedepan hal ini akan kami tingkatkan lagi,” akunya.

“Bimtek bersama tujuan utamanya mempererat hubungan kami antara BPD dengan Pemdes dan Insya Allah itu akan terlaksan di tahun depan,” tutupnya (Bs)