Beranda Beksi NEWS Pemkab Bekasi Tunjuk Desa Sukadaya Jadi Lokasi P2WKSS

Pemkab Bekasi Tunjuk Desa Sukadaya Jadi Lokasi P2WKSS

Beksiindonesianews | Kabupaten Bekasi” Sukawangi- Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2019 digelar di Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi kini telah memasuki tahap verifikasi akhir Tim Evaluasi Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/11/2019).

Program yang telah dilaksanakan sejak bulan Maret 2019 tampak memperlihatkan perubahan yang signifikan dimana peran masyarakat desa khususnya perempuan sudah memiliki perubahan dalam menata lingkungan. Pola pikir yang baik sehingga masyarakat dapat kesadaran memelihara, memiliki lingkungan yang sehat dan indah.

“Saya yakin program ini memikiki dampak positif, karena tadi saya juga sudah bicara dengan warga dan juga para kepala desa, dimana banyak desa-desa yang termotivasi untuk menjadi desa yang lebih baik lagi,” ucap Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Berbagai proses tahapan sudah dilaksanakan masyarakat Desa Sukadaya hingga pada pembekalan berupa pelatihan khusus bagi para perempuan . Seperti pelatihan memasak, menjahit, dan membatik, bahkan perempuan Desa Sukadaya memiliki peluang usaha sesuai keterampilan yang dimiliki.

“Saya berharap dengan adanya program ini akan dapat mengembangkan keluarga yang sehat dan terciptanya partisipasi masyarakat khususnya perempuan dalam pembangunan Kabupaten Bekasi,” katanya.

Sementara itu Asisten Administrasi Umum, Suhup dalam sambutannya menyampaikan, P2WKSS tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana kondisi masyarakat dan lingkungan dinilai cukup memprihatinkan.

“Walaupun cukup memprihatinkan, kita bisa lihat banyak potensi yang bisa digali di Desa Sukadaya ini. Nah ini juga membuktikan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama perempuan dan anak bukan jadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi menjadi tanggung jawab kita bersama,” Jelas Suhup.

Terpisah, perwakilan Tim Verifikasi Provinsi Jawa Barat, Nunung Nurhayati mengatakan kegiatan P2WKSS ini sangat erat kaitannya dengan PUG gander terutama upaya akselerasi capaian Indeks Pembangunan Gander (IPG) di Jawa Barat.

“Pelaksanaan program ini tentunya harus mampu memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat untuk semakin maju sejalan dengan visi dan misi yang dimiliki,” imbuh Nunung.

Diakhir sambutan, Nunung berharap kedepannya masyarakat desa yang ada di Kabupaten Bekasi khususnya perempuan terus meningkatkan kehidupan keluarga yang sehat, cerdas, dan berinovatif.

“Tidak hanya melibatkan peran perempuan saja, program P2WKSS yang sudah dilaksanakan di Desa Sukadaya juga meliputi, pembangunan jalan lingkungan, pembangunan jalan desa, pembangunan saluran air desa, perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit pembangunan mck 2 unit, taman terbuka bermain anak sebanyak 1 lokasi, pembuatan mck keluarga, pembuatan akta kelahiran dan surat nikah gratis, serta lampu penerangan jalan umum maupun jalan lingkungan,” ujarnya.

Sekedar diketahui alasan Pemerintah Kabupaten Bekasi menetapkan Desa Sukadaya berdasarkan pendataan dimana klasifikasi keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera di Desa Sukadaya termasuk yang paling tertinggi. (Tim)