Beranda Daerah Badan Pertanahan Provinsi Aceh, menyelenggarakan Kegiatan Supervisi RKA-KL Pagu Anggaran Tahun Anggaran...

Badan Pertanahan Provinsi Aceh, menyelenggarakan Kegiatan Supervisi RKA-KL Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2020.

Beksiindonesianews |Banda Aceh “Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan Supervisi RKA-KL Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2020. Kegiatan yang berlangsung di aula hotel Arabia Banda Aceh ini diikuti oleh para Kasubag TU dan Operator RKA-K/L di lingkungan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Aceh yang dilaksanakan mulai tanggal 27/08/19 s/d 29/08/19.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pengadaan Tanah (Ir. Joko Suprapto. M.P) mewakili Kepala Kantor Wilayah, dan laporan panitia disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (Tina Mestika, S.H).

Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (Tina Mestika, S.H) dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa RKA-K/L yang disusun telah sesuai dengan Alokasi kebutuhan dan Postur RKA-K/L serta kaidah-kaidah penyusunan program dan anggaran yang dilengkapi dengan data pendukung penyusunan anggaran.

Dalam sambutannya (Ir. Joko Suprapto. M.P) menyampaikan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dokumen tersebut, seperti : berpedoman pada pagu indikatif, Kanwil BPN Provinsi Aceh dan UPT diharapkan telah dapat menyusun rencana kerja dan anggaran secara akuntabel dan efektif guna menghasilkan atau mencapai tingkat kinerja tertentu. Keberhasilan dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran yang terintegrasi dalam Aplikasi RKA-K/L tidak hanya membutuhkan keahlian dalam merencanakan suatu kegiatan.

Lebih lanjut, Ir. Joko Suprapto. M.P menekankan kepada para peserta kegiatan untuk mengikuti dan memperhatikan dengan serius materi atau arahan dari para Narasumber agar dapat menghasilkan penyusunan RKA-K/L Tahun 2020 yang berkualitas berdasarkan kebutuhan prioritas dan tentunya sejalan dengan program prioritas Kementerian, serta tidak keluar dari Postur Anggaran yang ada dengan tetap berpedoman pada aturan yang ada.

“Melalui kegiatan ini, saya harap kita bersama-sama dapat mengindentifikasi berbagai masalah yang dihadapi termasuk masalah dalam penyusunan dan tidak hanya melakukan kegiatan copy-paste dari kegiatan tahun lalu, karena itu anggaran harus dibahas dan diteliti secara cermat, juga selalu melakukan koordinasi dan konsultasi agar dalam penyusunan anggaran bisa benar-benar matang sehingga tidak ada lagi revisi – revisi” tandasnya.

Selanjutnya dalam kegiatan ini para peserta / Operator RKA-K/L baik dari Divisi kantor wilayah dan Satuan Kerja memperoleh pendampingan dari Biro Perencanaan Dan Kerjasama Kementerian ATR/BPN (Arif Wibowo, S.H., M.E) selaku Kasubbag Perencanaan Program dan Anggaran III.

Acara ditutup oleh Kabag TU (M. Taufik, S.Si, M.M) dengan tambahan kesimpulan oleh Kasubbag Perencanaan Program dan Anggaran III (Arif Wibowo, S.H., M.E) dan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan (Tina Mestika, S.H), dalam penyampaian, M. Taufik, S.Si, M.M menyampaikan kepada seluruh peserta / Operator RKA-K/L untuk tetap melanjutkan proses penginputan Data RKA-K/L sampai selesai dan tidak lupa mengupload ke sistem Cloud Storage (Drive) yang telah disiapkan oleh panitia.

Kepala Bagian Tata Usaha juga menyampaikan bahwa setiap kegiatan tanpa suatu Perencanaan akan menghasilkan produk yang tidak tepat, maka dari itu sub bagian Perencanaan merupakan salah satu komponen yang menentukan keberhasilan dalam suatu capain kegiatan, sehingga nantinya juga diharapkan akan menghasilkan outcome yang dapat bermanfaat langsung kepada masyarakat dalam menghasilkan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan dapat mewujudkan visi Kementerian ATR/BPN di tahun 2025 sebagai Institusi Pengelola Pertanahan dan Tata Ruang Berstandar Dunia.

Dihari terakhir penyusunan 29/08/19 panitia memberikan reward kepada satuan kerja dalam Penyusunan Pagu Anggaran yang mana reward tersebut diterima oleh Kantah Aceh Tamiang sebagai satuan kerja tercepat dalam menyelesaikan penyusunan dan Kantah Aceh Utara sebagai satuan kerja terbaik pada saat pelaksanaan acara berlangsung.dilansir,(ATRBPNKiniLebihBaik).