Beranda Beksi NEWS Pemkab Karawang Berantas Bank Emok

Pemkab Karawang Berantas Bank Emok

Beksiindonesianews |Kabupaten Karawang – Pemkab Karawang serius akan memberantas bang emok,karena Bank Emok menjadi permasalahan serius bagi masyarakat di Kabupaten Karawang. Banyak warga yang tercekik dan terperangkap utang ke Bank Emok atau rentenir,hal ini berpangkal dari keberadaan bank emok atau rentenir berkedok koperasi,jum’at 23/8/2019.

Bank Emok adalah istilah yang digunakan masyarakat untuk menyebut rentenir atau Bank Keliling. Disebut emok karena transaksi dilakukan sambil duduk di lantai (emok adalah duduk dalam bahasa sunda).

Bupati Karawang Cellica melakukan terobosan-terobosan agar masalah sosial dan dampak yang ditimbulkan berkurang,salah satunya sedang melakukan kerjasama dengan Bang BJB.

“Masih kata Bupati Karawang, kami akan buat regulasi jaminan pada pemodal atau pihak bank. Dalam hal ini Bank Jabar Banten, agar setiap UMKM diberikan modal usaha dengan suku bunga yang ringan tanpa agunan,”ujarnya.

Bupati sudah mensosialisasikan ke semua perangkat desa yang ada di Kabupaten Karawang agar tidak menandatangani surat domisili usaha yang mengatasnamakan simpan pinjam atau bang emok.(Red)