Beranda Beksi NEWS KPLHI MEMBERIKAN BIBIT POHON 5000 KEPADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS ) KELAS III...

KPLHI MEMBERIKAN BIBIT POHON 5000 KEPADA LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS ) KELAS III CIKARANG.

BEKSI INDONESIA NEWS |Kabupaten Bekasi- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas III Cikarang, bersinergi dengan Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Kabupaten Bekasi, menggelar kegiatan penanaman pohon dalam rangka peringati hari bhakti pemasyarakatan dihalaman Lapas Cikarang.

Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta mengatakan, sebanyak 5000 bibit pohon ditanam warga binaan Lapas Cikarang. Bibit pohon tersebut ditanam warga binaan sebagai upaya penghijauan sekaligu menyemarakan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 55 Tahun 2019.

“5000 bibit pohon yang ditanam merupakan bantuan dari Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) dan Serdadu Komunitas Cibeet (Sekoci),” ucapnya

Dia menambahkan, bibit pohon penghijauan yang di tanam merupakan pohon produktif seperti mahoni, durian, jambu, mangga dan lain sebagainya.

“Bibit pohon ini akan kita tanam secara bertahap di bantaran irigasi yang berada di sepanjang Jl. Raya Cilampayan agar lebih hijau dan lebih rindang,” katanya.

Bibit pohon yang sudah ditanam, selanjutnya akan dirawat oleh petugas dan warga binaan agar dapat tumbuh. Nanti akan ada tim khusus yang kami buat yang terdiri dari petugas dan warga binaan yang akan merawat tanaman-tanaman ini.

“Tentunya, kita juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaganya,” kata dia.

Kegiatan penghijauan ini merupakan bentuk sumbangsih dan partisipasi yang diberikan warga binaan kepada masyarakat melalui kegiatan penghijauan. Diharapkan warga binaan juga dapat berinteraksi dengan masyarakat sebagai proses integrasi atau persiapan sebelum mereka bebas nanti.

“Jadi nanti mereka ketika bebas juga siap bergabung kembali dengan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Kabupaten Bekasi, Syarifudin, menerangkan, hal tersebut adalah satu kehormatan yang sangat luar biasa untuk pihaknya sebab KPLHI dapat berbagi bibit pohon 5000 dalam menyambut hari bhakti pemasyarakatan yang ke 55 tahun.

“Penghijauan sekaligus penanaman pohon bersama ketua Lapas, Kapolsek Cikarang pusat dan warga binaan Lapas,
Semoga gerakan penanaman pohon ini menjadi amal ibadah dan menjadi berkah untuk kelangsungan generasi sekarang dan generasi yang akan datang,” tandasnya (bis)