Beranda Beksi NEWS WOW PROGRAM PTSL DIBIAYAI RP 150 RIBU.

WOW PROGRAM PTSL DIBIAYAI RP 150 RIBU.

BEKSI INDONESIA NEWS |BEKASI “Pemerintah daerah melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) memberikan Penyuluhan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Desa Kedungwaringin, Kecamatan Kedungwaringin, yang dihadiri kepala desa serta masyarakat pada umumnya, (07/02/2019).

Kepala Tim BPN, Budiman menjelaskan program pusat tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Adapun biaya sebesar Rp.150 ribu. “Jika ditemukan pungutan diatas Rp.150 ribu itu diluar BPN,” jelasnya.

Lanjut ia mengatakan, adanya biaya dikarenakan desa tidak ada yang mengakomodir dan hal itu pun sudah disepakati. Untuk kouta Desa Kedungwaringin ada 1300 bidang dan yang bisa diproses hanya tanah hak milik. Pihak BPN tidak memungut biaya untuk program PTSL. “Adapun pungutan yang sudah disepakati yaitu Rp.150 ribu dan selebihnya jika didesa digratiskan itu sah-sah saja,” katanya

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Desa Kedungwaringin, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Hj Tita Komala menjelaskan, untuk wilayahnya sendiri menargetkan 1300 bidang. Langkah selanjutnya pihak desa akan mendata masyarakat yang belum memproses surat tanah hak miliknya.

“Yang belum mempunyai surat tanah hak milik akan kami proses untuk bisa mempunyai surat tanahnya melalui program PTSL ini, tentunya program pusat ini sangat membatu mempermudah kelengkapan surat tanah,” ucapnya.

Dirinya berharap, tentunya dengan program PTSL ini sangat membantu masyarakat Desa Karang Kedungwaringin untuk memproses pengajuan dalam suatu hal kepentingan yang sifatnya membutuhkan sertifikat tanah.

“Yang pada intinya program ini sangat membantu warga saya sendiri untuk mempermudah proses suatu hal kepentingan seperti bank dan yang lainnya,” tandasnya (Bis)