Beranda Beksi NEWS DINAS PARIWISATA KABUPATEN BEKASI FOKUS KEMBANGKAN DESTINASI WISATA RAWA BINONG

DINAS PARIWISATA KABUPATEN BEKASI FOKUS KEMBANGKAN DESTINASI WISATA RAWA BINONG

BEKSI INDONESIA NEWS |Bekasi” Cikarang Pusat, Dinas Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bekasi serius mengembangkan objek wisata Rawa Binong Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat. Potensi alam di wilayah tersebut dinilai unggul karena lokasinya berada di pusat ibukota Kabupaten Bekasi.

“Tahun 2019 ini kami akan fokus menata objek wisata Rawabinong,” ujar Kepala Bidang Destinasi Wisata Nunung dalam kunjungannya ke Rawabinong mendampingi Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Bekasi H. Mulyana bin H Muchtar, S.Pd.

Menurutnya, Rawa Binong memiliki pesona alam yang layak dikembangkan. “Keberadaannya diantara wilayah pedesaan (Desa Hegarmukti) dan perkotaan (Kota Deltamas) sangat potensial, terlebih Rawa Binong ini sudah ada sejak abad ke 19,” ucapnya.

Rencananya, Dinas Pariwisata akan menurunkan bantuan berupa perahu naga dan menggelontorkan dana bantuan untuk penataan taman wisata. “Insya Allah Pebruari tahun ini akan mulai dimatangkan penataannya,” kata Nunung.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi 2 Mulyana kepada media beksiindonesianews.com mengapresiasi kreatifitas Badan Usaha Milik Desa untuk menjadikan Hegarmukti sebagai Desa Wisata. “Saya setuju dan akan mendorongnya semaksimal mungkin, dan bila perlu menjadikannya sebagai Desa Wisata terunggul di Kabupaten Bekasi,” ungkap Mulyana.

Diakuinya bahwa potensi wisata yang berada di Desa Hegarmukti sangatlah banyak, selain Rawa Binong. Antara lain wisata budaya berupa tradisi upacara Hajat Bumi yang dipertahankan secara turun temurun, lalu keberadaan Sanggar Seni Cahaya Gumelar yang mempertahankan kesenian khas tradisional, dan keberadaan Detasemen D Brimob pun merupakan potensi sebagai daya tarik wisata.

“Saya pernah berkunjung ke Babel, disana aparat kepolisian berpakaian selayaknya Duta Wisata yang menjelaskan kepada para wisatawan tentang keberadaan objek wisata dan komponen pariwisata di Babel, warga setempat menyebutnya sebagai polisi wisata,” kata Mulyana.

Pengalaman di Babel, lanjutnya, mungkin bisa juga diterapkan di Rawa Binong karena sehubungan keberadaan Barak militer Brimob Detasemen D di kawasan Rawabinong.

“Saya berjanji akan menjadikan Hegarmukti sebagai Desa Wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, sekretaris Bumdes Hegarmukti Lestari, Doni Ardon menyampaikan beberapa komponen pariwisata yang dapat dikembangkan guna mendukung kawasan Wisata Rawabinong. Beberapa komponen tersebut tengah diupayakan Bumdes melalui dukungan Kepala Desa, diantaranya berupa Flying fox, Jogging Track, Perahu Bebek Bebekan, Homestay, Camping Ground, Jembatan Apung, Leuweung Kopi, taman bermain dan panggung seni yang dibangun secara permanen.

Adapun untuk menghormati tradisi leluhur dan terinspirasi dari legenda Mbah Dongkol, rencananya akan dibangun patung Kerbau Dongkol di lokasi yang dipandang strategis.

Legenda Mbah Dongkol ini, ditambahkan Kepala Desa Hegarmukti merupakan cerita rakyat yang disampaikan secara turun temurun.

Keberadaannya sejalan dengan tradisi upacara Hajat bumi yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat Hegarmukti.

“Saya mengharapkan peran serta seluruh masyarakat untuk menjadikan Hegarmukti sebagai Desa Wisata dan saya optimis mimpi ini menjadi kenyataan apalagi dengan hadirnya bapak Mulyana mewakili DPRD dan ibu Nunung dari Dinas Pariwisata,” ungkapnya.(Red )